Dir. Wilayah Pesisir, Pulau-Pulau Kecil, Perbatasan Dan Wilayah Tertentu (WP3WT)

20 01 2010

Pengertian Wilayah Pesisir, Pulau-Pulau Kecil, Perbatasan dan Wilayah Tertentu

  1. Wilayah Pesisir

Wilayah Pesisir adalah daerah peralihan antara ekosistem darat dan laut yang dipengaruhi oleh perubahan di darat dan laut (UU No 27 tahun 2007). Wilayah pesisir mempunyai kharakteristik yang khusus sebagai akibat interaksi antara proses-proses yang terjadi di daratan dan di lautan. Ke arah darat, wilayah pesisir meliputi bagian daratan, baik kering maupun terendam air, yang masih dipengaruhi sifat-sifat laut seperti pasang surut, angin laut dan perembesan air asin. Ke arah laut, wilayah pesisir mencakup bagian laut yang masih dipengaruhi oleh proses-proses alami yang terjadi di darat seperti sedimentasi dan aliran air tawar, maupun yang disebabkan oleh kegiatan manusia di darat seperti penggundulan hutan dan pencemaran.

  1. Pulau Kecil

Pulau Kecil adalah pulau dengan luas lebih kecil atau sama dengan 2.000 km2 beserta kesatuan ekosistemnya (UU No 27 tahun 2007).

  1. Perbatasan

Perbatasan adalah wilayah yang strategis yang mempunyai peranan penting dalam penentuan batas wilayah kedaulatan negara. Pengertian lainnya, wilayah perbatasan adalah wilayah yang secara geografis dan demografis berbatasan langsung dengan negara tetangga dan atau laut lepas (Bappenas, 2008)

  1. Wilayah Tertentu

Wilayah yang ditetapkan secara nasional mempunyai nilai strategis yang penataan ruangnya diprioritaskan meliputi aspek kedaulatan negara, pertahanan dan keamanan, ekonomi, sosial dan budaya, serta lingkungan hidup.

Dasar Hukum Direktorat Wilayah Pesisir, Pulau-Pulau Kecil, Perbatasan dan Wilayah Tertentu

  1. UU No 5 Tahun 1960 tentang Undang-Undang Pokok Agraria
  2. UU No 27 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil
  3. UU No 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang
  4. UU No 43 Tahun 2008 tentang Wilayah Negara
  5. PP No 40 Tahun 1996  tentang Hak Guna Usaha, Hak Guna Bangunan, dan Hak Pakai Atas Tanah.
  6. PP No 16 Tahun 2004 tentang Penatagunaan Tanah
  7. PP  No 26 Tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Nasional
  8. PerPres No 10 Tahun 2006 tentang Badan Pertanahan Nasional
  9. Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional RI No 3 Tahun 2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Pertanahan Nasional RI

Kegiatan Pokok Direktorat Wilayah Pesisir, Pulau-Pulau Kecil, Perbatasan dan Wilayah Tertentu

  1. Menyiapkan Bahan Kebijakan Teknis.
  2. Melakukan pendataan di wilayah pesisir, pulau-pulau kecil, perbatasan dan wilayah tertentu.
  3. Menyusun basis data wilayah pesisir, pulau-pulau kecil, perbatasan dan wilayah tertentu.
  4. Melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan Kawasan.

Objek Kegiatan Direktorat Wilayah Pesisir, Pulau-Pulau Kecil, Perbatasan dan Wilayah Tertentu

  1. Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 24 pulau besar dan 17.480 pulau kecil, diantaranya 92 pulau kecil terluar;
  2. Garis pantai Indonesia adalah garis pantai terpanjang, yaitu 81.000 km (273  kabupaten pada 33 provinsi);
  3. Perbatasan Indonesia dengan negara lain berupa laut  (92  buah pulau kecil terluar di 20 provinsi) dan daratan (15 kabupaten pada 4 provinsi);
  4. Wilayah tertentu Indonesia adalah kawasan strategis nasional menurut PP 26/2008, meliputi kawasan strategis dari aspek kedaulatan negara, pertahanan dan keamanan negara, ekonomi, sosial dan budaya, serta lingkungan;
  5. Prioritas danau besar (>500 ha) sebanyak 12 danau.

Produk Direktorat Wilayah Pesisir, Pulau-Pulau Kecil, Perbatasan dan Wilayah Tertentu

  1. Kebijakan Teknis mengenai pengaturan dan penataan pertanahan di wilayah pesisir, pulau-pulau kecil, perbatasan dan wilayah tertentu;
  2. Data mengenai P4T (Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan  Tanah) di wilayah pesisir, pulau-pulau kecil, perbatasan dan wilayah tertentu;
  3. Data Sekunder mengenai potensi wilayah di wilayah pesisir, pulau-pulau kecil, perbatasan dan wilayah tertentu;

KESIMPULAN

  1. Direktorat WP3WT adalah suatu direktorat yang berada di bawah Deputi III yang mempunyai tugas menyiapkan perumusan kebijakan teknis dan melaksanakan wilayah pesisir, pulau-pulau kecil, perbatasan dan wilayah tertentu.
  2. Kegiatan Utama Direktorat WP3WT adalah  menyiapkan bahan kebijakan teknis; melakukan pendataan di wilayah pesisir, pulau-pulau kecil, perbatasan dan wilayah tertentu; menyusun basisdata wilayah pesisir, pulau-pulau kecil, perbatasan dan wilayah tertentu; melaksanakan monitoring dan evaluasi pemanfaatan kawasan.
  3. Produk Direktorat WP3WT adalah kebijakan teknis mengenai pengaturan dan penataan pertanahan di wilayah pesisir, pulau-pulau kecil, perbatasan dan wilayah tertentu; data mengenai P4T (penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan  tanah) di wilayah pesisir, pulau-pulau kecil, perbatasan dan wilayah tertentu; data sekunder mengenai potensi wilayah di wilayah pesisir, pulau-pulau kecil, perbatasan dan wilayah tertentu.

SARAN

  1. Diperlukan payung hukum yang jelas tentang pengaturan dan penataan wilayah pesisir, pulau-pulau kecil dan wilayah tertentu.
  2. Diperlukan kegiatan untuk menyiapkan dan mengembangkan suatu sistem manajemen data/informasi spasial (data spasial) yang mampu berfungsi mendukung pengambilan keputusan dalam penataan ruang laut, wilayah pesisir, pulau-pulau kecil, perbatasan dan wilayah tertentu.
  3. Diperlukan suatu kebijakan khusus dalam pemanfaatan dan pengelolaan pulau-pulau kecil melalui kegiatan perlindungan, pemeliharaan, pengawasan dan pemantauan secara terus menerus agar keberadaannya terus dipertahankan.
  4. Diperlukan adanya kebijakan khusus tentang  penguasaan, pemilikan, penggunaaan dan pemanfaatan Tanah (P4T) khususnya di daerah perbatasan (zona perbatasan sejauh 5 km), sehingga diharapkan ada kepastian “legal status” yang  berdampak posisif  bagi masyarakat sekitar perbatasan.

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: