LARASITA

18 01 2010

Sebuah inovasi yang telah dikembangkan oleh BPN dalam rangka percepatan sertifikasi tanah adalah dengan menggunakan sistem jemput bola yang dinamakan dengan LARASITA. Sebuah layanan yang dikembangkan dengan menerapkan sistem komputerisasi dimaksudkan untuk menjangkau daerah-daerah yang jauh dari kantor pertanahan. Sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh dalam rangka pensertifikatan tanahnya.
Pusdatin sebagai bidang yang menangani masalah IT di BPN sangat berperan dalam rangka membangun sistem jaringan yang kokoh dari diterapkannya sistem layanan LARASITA tersebut.
Larasita merupakan layanan sistem front office mobile secara online dengan kantor pertanahan setempat. Seluruh proses layanan dari mobil Larasita saat itu juga langsung terdata di kantor pertanahan. Mobil Larasita merupakan duplikasi dari Kantor Pertanahan yang menjelma dalam bentuk mobil keliling dengan akses dan gerak cepat mengunjungi dan melayani sertifikasi pertanahan dari masyarakat. Setiap unit mobil dilengkapi dengan peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang meliputi 3 unit Laptop mobile, printer, perangkat teknologi wireless komunikasi sistem mobile (bergerak). Sementara untuk memberikan pelayanan masing-masing unit mobil diampu 4 personel terdiri dari tenaga teknisi, sopir dan tenaga administrator. Perangkat tersebut menjadi fasilitas utama bagi petugas untuk meng-entry data, melayani pendaftaran yang dapat diakses langsung ke Kantor Pertanahan. Dengan memanfaatkan fasilitas internet (VPN), apa yang terjadi dan diproses dalam, LARASITA akan terekam langsung ke kantor pertanahan. Seluruh tahapan mulai pendaftaran, entry data dan pemrosesan langsung terekam di Kantor Pertanahan. Data dan berkas yang terjadi dalam proses layanan dari mobil langsung terdata di BPN setempat.


Aksi

Information

One response

26 08 2012
uwmy caltsum

nice eleveners,, salam kenal. ak dari bpn sulawesi selatan. angkt 2008 cpns D1 STPN. lg mau susun skripsi ttg larasita. mohon bantuan bahannya yah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: